Thursday, 9 May 2013

Ikan Pemanah (Archerfish)

Ikan pemanah dikenal dengan keunikannya: kemampuan menembak di udara. Mereka menembak menggunakan "panah" yang terbuat dari air, diarahkan ke mangsa yang berada beberapa kaki di atas permukaan air.

IKAN PEMANAH
Klasifikasi Ilmiah
Kerajaan:Animalia
Filum:Chordata
Kelas:Actinopterygii
Bangsa:Perciformes
Suborder:Percoidei
Suku:Toxotidae
Marga:Toxotes
Cuvier, 1816


Habitat

Ikan pemanah, atau dalam bahasa Inggrisnya archerfish, merupakan jenis ikan tropis yang tersebar di pantai India, Myanmar, Malaysia, Filipina, Hindia Timur, dan Thailand. Ikan pemanah bisa ditemukan di air asin, biasanya di sekitar pinggir pantai, dan juga di air payau dan air tawar. Mereka seringkali ditemukan di sekitar permukaan air, disebabkan oleh metode bertahan hidupnya.


Ikan pemanah memiliki sisik berwarna putih berbelang hitam. Pada usia dewasa mereka biasanya berukuran di bawah 16 cm (6 1/4 inci), namun dalam ukuran maksimumnya bisa mencapai 40 cm (16 inci). Matanya bisa digerakkan, memiliki rahang yang meruncing membentuk segitiga.

Makanan

Ikan pemanah memakan hewan hidup yang berada di ranting dekat permukaan air, umumnya mereka memangsa serangga. Mereka memangsa serangga dengan cara menembakkan air kepada serangga dengan mulutnya, kemudian memakan serangga yang jatuh ke atas permukaan air. Bidikan ikan pemanah seringkali tepat sasaran, dan biasanya hanya dapat dilakukan satu kali pada saat makan.

Ikan ini menembakkan air dengan menggunakan insangnya. Air yang berada dalam mulut, kemudian diluncurkan dengan menekan insang. Kemudian air ini mengalir melewati saluran di rongga mulutnya, hingga air melesat keluar dikendalikan oleh lidahnya yang berfungsi sebagai katup. Tembakan air ikan pemanah bisa mencapai jarak 1,5 meter (5 kaki) di udara.

Spesies

Dalam genus Toxotes terdapat 7 spesies, yaitu:
  • Toxotes blythii (Boulenger, 1892), ikan pemanah zebra.
  • Toxotes chatereus (Hamilton, 1822), ikan pemanah besar.
  • Toxotes jaculatrix (Pallas, 1767), ikan pemanah berpita.
  • Toxotes kimberleyensis (Allen, 2004).
  • Toxotes lorentzi (Weber, 1910), ikan pemanah primitif.
  • Toxotes microlepis (Gunther, 1860), ikan pemanah kecil.
  • Toxotes oligolepis (Bleeker, 1876), ikan pemanah barat.

Referensi

No comments:

Post a Comment

Post a Comment